Tuesday, August 23, 2011

Belajar dari Gereja Perdana

1. Bertekun dalam pengajaran para rasul
Agar bisa hidup sesuai dengan kehendak Yesus yang mereka imani, Jemaat selalu mendengarkan ajaran Yesus sendiri yang disamapikan oleh para rasul. Ajaran Yesus itu, sekarang telah tertulis dalam Kitab Suci. Gereja di zaman sekarang tetap bertekun dalam ajaran Yesus dengan membaca dan merenungkan Sabda Tuhan yang tertulis dalam Kitab Suci. Dalam ibadah setiap minggu, Kitab Suci selalu dibacakan oleh pengkhotbahnya dan jemaatnya mendengarkan. Dalam poin ini kita juga bisa mengambil arti kata BERTEKUN yakni mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh, apapun bisa kita kerjakan apabila kita TEKUN.
2. Hidup dalam persekutuan
Orang-orang yang percaya kepada Kristus tidak sekedar berkumpul tanpa saling mengasihi. Sebaliknya, mereka menjadi sebuah keluarga tempat para jemaatnya saling mengasihi. Para jemaat gereja di zaman sekarang pun, tidak sekedar berkumpul di gereja tanpa saling mengenal dan memerhatikan. Para jemaat gereja telah dipersatukan oleh Kristus dan menjadi keluarga orang-orang yang percaya kepada-Nya. Seperti Kristus telah mengasihi semua orang, para jemaat gereja pun diundang untuk saling mengasihi
3. Memecahkan roti dan berdoa
Para jemaat Gereja Perdana memcahkan roti untuk mengenang karya penyelamatan yang dilakukan oleh Yesus. Sekarang, hal ini dilakukan dalam perjamuan kudus yang biasa dilakukan pada minggu ke 2 di Gerja Bethel Indonesia (GBI). Pada saat ini, para jemaat berkumpul sebagai satu keluarga untuk mengenangkan karya penyelamatan yang dilakukan oleh Kristus.
4. Penataan milik bersama
Para jemaat Gereja Perdana tidak mementingkan diri sendiri, tetapi memerhatikan kebutuhan dan kesulitan sesama. Mereka menyerahkan apa yang mereka miliki untuk membantu para jemaat lain yang berkekurangan. Hal ibi juga dilakukan dalam Gereja sekarang. Para jemaat Gereja yang memiliki kemampuan lebih daripada yang lain, diundang untuk mau membantu sesama yang berkekurangan. Para Jemaat Gereja secara bersama-sama juga membantu para anggota lain yang mengalami kesulitan dalam bidang pendidikan, kesehatan, dsb.
5. Hidup dalam sukacita
Para jemaat Gereja Perdana mengalami kegembiraan karena telah menerima kabar keselamatan Kristus. Mereka telah mengalami karya penyelamatan itu dan bersyukur atas semua yang telah dilakukan oleh Kristus bagi mereka. Mereka pun mewartakan kabar sukacita itu kepada orang-orang di sekitar mereka. Bagaimana mungkin orang mewartakan kegembiraan jika ia sendiri tidak mengalami kegembiraan?

No comments:

Post a Comment